Sejarah Singkat Daerah Cepu




Cepu adalah kota kecamatan yg berada di wilayah Kab. Blora. Tapi nama Cepu cukup menjulang, bahkan "menenggelamkan" nama ibu kota kabupatennya, Blora. Namun demikian, kepopulerannya tentu tidak bisa terlepas dari nama Blora, karena pusat pemerintahan dan segala bentuk birokrasi berada diBlora.

Mengapa bernama cepu? Ceritera rakyat yang melegenda, mengisahkan asal usulnya Cepu bermula dari peristiwa peperangan dua orang adipati. Adipati Tedjo Bendoro (Tuban) dan Adipati Djati Koesoema Bojonegoro) Jawa Timur.

Adipati asal Bojonegoro Djati Koesoema kalah perang. Sudah menjadi adat terikat tempo dulu, yang kalah harus menyerahkan semua kekanyaannya, putra-putrinya dan membayar ganti rugi.

Termasuk putri Adipati Djati Koesoema, Retno Sari, putri cantik ini diserahkan kepada Adipati Tedjo Bendoro. Sayang, Retno Sari keberatan, dia melanggar janji dan kesapakatan adat, wanita ini melarikan diri.

Dari kisah pelarian putri rupawan ini, lahir nama-nama punden, dukuh, desa dan lokasi seperti Tuk Buntung dan lainnya. Larinya gadis, cantik membuat Adipati Tedjo Bendoro murka, dia terpaksa melepas senjata  panahnya yang bernama "Cempulungi"  kearah sang putri, senjata itu persis mengenai bagian paha (Jawa, pupu). Dari kejadian itu lantas  lahir nama Cepu, yang artinya Nancep ing pupu.

0 Response to "Sejarah Singkat Daerah Cepu"

Post a Comment